Selasa, 12 April 2011

Motor Listrik


Wah, Motor Listrik Bisa Tembus 307 Km/Jam

Syubhan Akib - detikOto

Gambar 
Jakarta - Teknologi listrik yang diaplikasi pada sebuah motor kini makin canggih. Sebuah motor listrik baru saja mencetak rekor kecepatan dengan berlari secepat 306,7 km/jam.

Sebuah motor listrik bermodel superbike bernamaSWIGZ.COM Pro Racing Electric Superbike akhir pekan lalu baru saja melahap kecepatan 306,7 km/jam bersama Chip Yates yang jadi penunggangnya.

Rekor tersebut didapat di Mojave Mile Shootout setelah selama dipersiapkan cukup lama. Motor ini dirancang layaknya motor balap pada umumnya dengan dilengkapi desain dan fairing yang aerodinamis dari Catalyst Racing Komposit.

Perangkat lunak yang menjaga motor listrik ini dipasok oleh UQM Technologies dengan baterai lithium ion enam cell.

Dengan kecepatan yang didapat ketika berlari 1,6 km itu, motor ini pun mengalahkan rekor kecepatan motor listrik yang ditorehkan Lightning Motors di Bonneville Salt Flats pada bulan September 2010 ketika berkendara dengan kecepatan 278.4 km perjam.

Namun meski sudah mencetak rekor, Yates ternyata belum puas dengan hasil tersebut. Sebab, kecepatan yang didapat itu masih dibawah target kecepatan yang dia canangkan yakni 200 mph atau sekitar 321,8 km perjam.

"Semua model motor kami memiliki data hari ini yang mampu membuatnya berlari lebih dari 200 mph di 1 mil, tapi sayangnya saya tidak dapat menggebernya sampai habus di 1 mil itu karena beberapa hentakan malah membuat motor melambat mirip di Auto Club Speedway pada bulan Januari dan Februari," jelas Yates seperti detikOto kutip dari Motorcycle, Selasa (12/4/2011).

"Kami membuat beberapa perubahan aerodinamika untuk meningkatkan hentakan tapi kemudian mengalami kegagalan di charger dan baterai cadangan kami mengisi tenaga terlalu besar dari generator sewaan," jelas Yates.

"Dengan tidak ada cara untuk mengisi daya baterai kami, saya puas mampu membawa lari sampai 2 kali. Saya kecewa tidak mencapai 200 mph hari ini tapi kami tahu kami bisa melakukannya di masa mendatang dan untuk sekarang saya cukup senang dengan menjadikan superbike kami sebagai motor listrik tercepat di dunia," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar